Blogger Jateng

Cabang Olahraga Sepeda


Cabang Olah Raga Sepeda

Cabang Olahraga Sepeda,Sejarah Sepeda, Cabang Olimpiade sepeda


Mari kita mengenal cabang olahraga sepeda, Semenjak diciptakan tahun 1817, sepeda menjadi alat transportasi. Awalnya, roda depan sepeda berukuran lebih besar daripada roda di bagian belakang. Oleh sebab itu posisi rider sedikit terangkat dan sangat berbahaya karena sepeda menjadi sulit untuk dikendalikan.
Pada tahun 1885, J.K. Starley dari Inggris melengkapi sepedanya dengan menggunakan rantai dan gerigi yang memungkinkan kedua roda untuk berukuran sama.  Meskipun lomba balap sepeda sudah diadakan sejak lama tetapi penciptaan sepeda baru memacu pengadaan lomba balap sepeda sebagai olahraga.

Dalam ajang Olimpiade cabang bersepeda terdiri dari empat kelas :
1. Road (jalan)
2. Track
3. Mountain Biking (sepeda gunung) dan
4. BMX.

A. Sepeda BMX

Bicycle Motocross (BMX ) dimulai pada akhir tahun 60an di California, bersamaan dengan olahraga Motocross mulai populer di Amerika.  Versi motor ini menjadi inspirasi versi tenaga manusia.
Anak - anak dan remaja yang punya semangat tetapi tidak mempunyai sarana untuk berpartisipasi dalam ajang motocross, akhirnya megadakan perlombaan balap sepeda untuk kalangan mereka dengan merancang rintangan dengan sepeda mereka sendiri. Mereka bahkan melengkapi diri dengan kostum dan alat -alat pelindung seperti yang digunakan oleh para pembalap motocross.

Pada awal tahun 70an, sebuah perkumpulan BMX didirikan di Amerikadan hal ini resmi dianggap sebagai awal dari balap BMX. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini menyebar ke segala penjuru dunia, khususnya di Eropa pada tahun 1978.
Federasi Internasional BMX didirikan pada bulan April 1981, dengan kejuaraan pertama dilaksanakan tahun 1982. BMX dengan cepat berkembang sebagai olahraga yang unik, Peraturan -peraturan yang ada makin terlihat kesamaannya dengan olahraga bersepeda dari pada dengan motocross. BMX sepenuhnya bergabung dengan International Cycling Union (UCI) Sejak Januari 1993,. Pada tanggal 29 Juni 2003, Intenational Olympic Committee (IOC) memutuskan mengikut sertakan BMX pada Olimpiade Beijing 2008 di Cina.

Kompetisi

Perlombaan BMX diadakan pada sirkuit dengan luas 350 meter yang di dalamnya terdapat banyak rintangan dan halangan.
Delapan pembalap akan berlomba dengan empat pembalap teratas akan secara otomatis masuk ke babak selanjutnya (babak penyisihan, perempat final, semi final dan final ).

Kelas yang dipertandingkan
* Perorangan Putra
* Perorangan Putri

B. Road

Kirkpatrick MacMillan seorang pandai besi dari Skotlandia, menambahkan pedal dan mekanisme pengungkit untuk mempermudah rider dalam mengendarai sepeda. Sebelumnya, rider harus mendorong sepeda mereka dengan kaki. Hal itu dinilai kurang efektif untuk dilombakan.

Tahun 1880-an, sepeda kembali mengalami perkembangan dengan berkembangnya sistem rantai dan gerigi. Dengan bentuk yang semakin ramping, seperti bentuk sepeda sekarang. Pada waktu itu para atlet dan perancang sepeda berlomba-lomba membuat sepeda yang bisa berjalan lebih cepat lagi.

Untuk kelas Road Race olimpiade pertama tahun 1896, diadakan di jalur maraton. rider harus menyelesaikan dua putran/lap dengan total 87 kilometer. Satu abad kemudian barulah para wanita diperbolehkan untuk ikut berpartisipasi., yaitu tahun 1984. 12 tahun kemudian di Olimpiade 1996 Atlanta, kelas Time Trial diperkenalkan.

Kompetisi

Time Trial dan road race untuk putra dan putri kini terdiri dari empat kelas yang menyusun program Road Race Olimpiade. dimulai dengan start massal (road race), jarak lari untuk putra sejauh 239km dan untuk Putri sejauh 120km.

Kelas yang dipertandingkan
* Putra:
Road Race Perorangan
Time Trial Perorangan

* Putri:
Road Race Perorangan
Time Trial Perorangan

C. Cycling Track

Road race atau Balap sepeda dan bersepeda gunung lebih dikategorikan pada olahraga sepeda sedangkan Track Cycling tidak. Pada Track cycling, rider hanya mengelilingi jalur dengan kemiringan hingga 42 derajat (Velodrom). Helm, pakaian dan sepeda yang digunakan sangat berbeda dengan sepeda yang digunakan untuk balap biasa, karena lebih menyerupai kostum dari film luar angkasa, penciptaan sepeda aerodinamis pun dimulai. Sepeda tersebut menawarkan kecepatan yang luar biasa, walaupun begitu, sepeda tersebut tidak dapat melakukan manuver tertentu sehingga akan menjadi lebih kaku dalam balap sepeda dengan jumlah peserta yang lebih ramai atau banyak.

Olimpiade 1984 di Los Angeles-US, teknologi pada cabang olahraga ini mulai diperkenalkan seperti: spokeless dan piringan roda carbon-fibre. Revolusi lainnya terjadi di Olimpiade 1992, Barcelona, Chris Boardman dari Inggris memenangkan medali emas pertama Inggris untuk cabang olahraga sepeda sejak tahun 1920.
Ia memecahkan rekor dunia dengan menggunakan sepeda yang semuanya terbuat dari carbon-fibre serta aerodynamic cross – sections yang beratnya tidak lebih dari 9 kgm.

Kompetisi

Seluruh program mencakup kelas perorangan, tim, , endurance race, sprint, pursuits, time trials dan first-over-the-line finishes. Untuk time trial, individual pursuit, sprint dan points race tersedia untuk kelas putri dan putra sedangkan untuk 4000m team pursuit, Keirin, Madison, dan Olympic sprint hanya untuk putra.

* Madison : dimulai dengan start massal dengan sejumlah tim yang terdiri dari dua pengendara atau rider. Serupa dengan point race untuk tim, dengan diberikannya nilai untuk pengedara yang berhasil menyelesaikan lomba. Saat lomba, hanya satu rider saja yang berada pada jalur, berkeliling sejumlah lap baru berganti posisi dengan rider setimnya.

* Keirin: jarak yang harus ditempuh 2000 meter. Pada lomba awal rider berjalan dibelakang motor yang akan berjalan sejauh 1400 meter. Kemudian motor tersebut akan menepi, pada saat itu juga para rider akan melakukan sprint hingga garis akhir. Pada mulanya Keirin lebih banyak dilakukan secara tradisional di Jepang. Di sana, olahraga tersebut telah dilakukan secara profesional selama 20 tahun.

* Olympic Sprint merupakan olahraga sprint tim. Masing – masing tim terdiri dari tiga rider. Dua tim akan saling berhadapan, dimulai dari arah yang berlawanan dengan tujuan adalah menangkap tim lawan atau menyelesaikan tiga putaran tercepat. Setiap rider harus memimpin tim mereka masing-masing satu putaran.

Kelas yang dipertandingkan
* Putra:
- Pursuit Perorangan
- Keirin
- Madison
- Olympic Sprint
- Points Race
- Sprint Perorangan
- Tim Pursuit (4000m)

* Putri:
- Pursuit
- Points Race
- Sprint

D. Mountain Bike

Mountain Biking (MTB) masuk pada program Olimpiade pertama kali pada ajang Olimpiade Atlanta, 1996. Pada saat itu, olahraganya sendiri telah berumur 40 tahun lebih. Di mulai pada tahun 1953, ketika seorang mahasiswa mengubah sepedanya dan mencoba mengendarainya di sebuah bukit.

Kompetisi pertama diadakan di luar San Fransisco.
Mountain Biking diakui sebagai salah satu cabang olahraga sepeda karena usaha dari Velo Club Mount Tamalpais. Mereka menciptakan perlombaan Repack Downhill yang diadakan secara rutin antara tahun 1976 - 1979 dari jembatan Golden Gate hingga San Fransisco. Kompetisi itu pun menarik banyak rider dari segala penjuru bahkan banyak media massa.

Oleh anak – anak muda, olahraga ini dianggap sebagai olahraga yang extreme dan keren, Pada tahun 1990, olahraga tersebut menjadi olahraga profesional lengkap dengan Kejuaraan Dunianya.

Kompetisi

Lebih banyak dilakukan di bukit yang sedikit terjal, bahkan terkadang juga pada jalur gunung namun biasanya pada jalur alam.
Para rider diharuskan untuk melakukan manuver melewati pepohonan, cabang-cabang pohon, bebatuan dan bahkan sungai - sungai kecil.
Jarak yang harus ditempuh sejauh 40 dan 50 km untuk putra
Jaran 30 – 40 km untuk putri
Jarak yang akan ditempuh baru akan dipastikan pada malam sebelum kompetisi, ketika para panitia memperkirakan kondisi cuaca dan waktu tercepat yang dibutuhkan untuk menyelesaikan lomba, 2 jam 15 menit bagi putra dan 2 jam untuk putri.
Dalam kompetisi, untuk putra harus menyelesaikan 6 hingga 7 putaran, sedangkan untuk putri 5 hingga 6 putaran.

Kelas yang dipertandingkan
* Cross – country putra
* Cross – country putri
Balap Sepeda sudah lama dikenal di Indonesia, bahkan sebelum Perang Dunia II sudah ada beberapa pembalap sepeda yang dibiayai oleh kaum pengusaha : seperti perusahaan Tropical, Hima, Triumph, Mansonia dan lain-lain. Mereka dapat dikategorikan sebagai pembalap sepeda profesional. Padahal waktu itu masih zaman penjajahan Belanda. Memang perkembangan olahraga Balap Sepeda cukup menguntungkan. khususnya Semarang menjadi pusat kegiatan Balap Sepeda. Oleh arsitek Van Leuwen  dan Ooiman didirikanlah sebuah velodrome. Velodromen dalam bahasa Belanda disebut Wielerband, atau Pias (bahasa Indonesia).

Pada jaman penjajahan Jepang kegiatan Balap Sepeda bisadikatakan terhenti. Baru setelah kemerdekaan diproklamasikan, para penggemar Balap Sepeda kembali mencoba mempopulerkan kembali. Meski belum terorganisir dalam satu wadah, tetapi secara perseorangan kegiatan olahraga Balap Sepda nampak berkembang kembali. Sebagai contoh terbukti ketika PON II/1951 berlangusng di Jakarta, Balap Sepeda termasuk cabang olahraga yang diperlombakan.

Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) baru didirikan tepat pada hari peringatan Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei 1956 di Semarang. Sebelumnya di tahun 1951, beberapa daerah sudah memiliki perkumpulan-perkumpulan Balap Sepeda, seperti : Yogyakarta, Surabaya, Solo,  Semarang, Jakarta, Manado, Medan, dan Bandung. Terbentuklah perkumpulan-perkumpulan Balap Sepeda, yaitu pada tanggal 20 Mei 1956, selama 4 hari penuh diadakan sidang yang dihadiri oleh organisasi-organisasi Balap Sepeda dari Semarang, Jakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Manado dan Medan menetapkan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) sebuah organisasi pusat dari seluruh perkumpulan Balap Sepeda di Indonesia, yang berazaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta Amatirisme.

Itulah artikel tentang Cabang Olah Raga Sepeda,Sejarah Sepeda, Cabang Olimpiade sepeda,Terima kasih sudah mampir ke blog kami terima kasih.

||  Cek artikel menarik lainnya
-          Materi Bola Basket Lengkap
-          Olahraga Bola Voli (Volley Ball)
-          Karena Olahraga adalah Ibadah


Posting Komentar untuk "Cabang Olahraga Sepeda"