Blogger Jateng

Stop!!! Lari Siang Hari Menggunakan Jaket Berbahaya

Stop Berbahaya!!! Jangan Lari Siang Hari Menggunakan Jaket

Lari Siang Hari Menggunakan Jaket Berbahaya
Sebagian dari kita sering melihat orang berolahraga lari siang hari menggunakan Jaket, Mulai sekarang stoplah kegiatan tersebutkarena berbahaya, lebih baik urungkan niat tersebut. Mengapa? Karena Sekitar 70 persen orang beranggapan jika ingin mendapatkan keringat yang banyak dari olahraga lari siang hari adalah memakai jaket adalah sehat dan ini adalah pemahaman yang tidak benar.


Memakai Jaket Pada Waktu Berolahraga Lari Siang Hari

Memakai jaket pada waktu berolahraga lari siang hari memang dapat membuat tubuh kita berkeringat lebih banyak dan lebih cepat, tetapi ada bahaya yang mengancam kesehatan kita dibalik pemakaian jaket tersebut, berikut ini alasannya :
  1. Tubuh kita akan mengalami dehidrasi, kelelahan yang berlebihan dan sakit kepala mendadak dan serta dapat membuat organ tubuh kita cepat rusak karena harus bekerja ekstra,sedangkan tubuh kita kekurangan cairan.
  2. Membuat tubuh tidak memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh melalui keringat secara normal.
  3. Bagi penderita gejala darah tinggi akan mempercepat serangan stroke ringan, karena pembuluh darah ke jantung tersumbat tanpa kita sadari.
  4. Membuat suhu tubuh meningkat tajam secara tidak alami dan dapat menyumbat pembuluh darah menuju jantung yang bisa menyebabkan gagal jantung atau serangan jantung mendadak, hal ini dikarenakan jantung tidak bisa memompa darah dengan lancar.
  5. Bisa menyebabkan pengentalan dan penggumpalan pada darah lalu menyumbat pada aliran darah keseluruh tubuh sehingga menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah menuju otak (bisa membuat anda pingsan).
  6. Menyebabkan penurunan berat badan yang cepat tapi bisa membuat gemuk kembali dengan cepat karena keringat yang keluar banyak di iringi dengan suhu tubuh yang terlalu panas, karena suhu tubuh akan tetap sehat jika tidak terlalu tinggi.
  7. Kram karena panas
  8. Kejang otot ini disebabkan karena tubuh kehilangan cairan dan elektrolit dalam jumlah besar akibat dari produksi keringat berlebih. Biasanya seseorang akan mengalami kram panas bila melakukan aktivitas fisik yang berat dan dalam kondisi cuaca yang panas.
  9. Heat exhaustion terjadi karena seseorang menyepelekan gejala kram panas. Sehingga, tubuh yang terpapar panas berjam-jam kehilangan banyak cairan akibat keringat yang berlebih, Kondisi ini menyebabkan tubuh kelelahan, lemas, pusing, tekanan darah rendah, bahkan sampai pingsan.
  10. Heat stroke adalah suatu keadaan yang terjadi akibat terpapar panas dalam waktu yang sangat lama, dimana penderita tidak bisa mengeluarkan keringat yang cukup untuk menurunkan suhu tubuhnya, Jika tidak segera diobati, bisa menyebabkan kerusakan yang permanen, bahkan kematian. Diawali dengan gejala pandangan mulai berkunang-kunang, wajah pucat, tangan dingin, hingga tak sadarkan diri. Ketika tubuh kekurangan cairan, darah akan menjadi kental sehingga aliran darah ke seluruh anggota tubuh menjadi terganggu, termasuk ke jantung hingga otak.
Resikonya jika suhu tubuh meningkat dengan berlebihan karena pemakaian jaket ketika olahraga lari siang hari hanya akan membuat rasa cepat lapar setelah anda selesai berolahraga dalam hitungan menit. Kondisi ini dapat menggagalkan program penurunan berat badan khususnya pada orang orang yang mengalami kegemukan/obesitas.
Sebaiknya jika lari siang tidak dilakukan di pinggir jalan raya, karena udara sekitar telah terkontiminasi dengan segala bentuk radikal bebas hasil dari asap kendaraan, asap rokok, debu, sinar matahari siang yang memicu kanker kulit dan lain-lain. Lakukanlah olahraga lari siang pada tempat tempat yang aman, nyaman dan masih memiliki kadar oksigen yang cukup tinggi misalnya di dalam gedung olahraga dan di area taman kota yang teduh.

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum lari biar aman?

  1. Gunakanlah pakaian yang nyaman/tidak pakai pakaian yang berbahan tebal, tapi gunakanlah pakaian yang menyerap keringat.
  2. Jangan lari pada saat tengah hari bolong, baiknya lari saat pagi hari saat udara masih dalam temperatur rendah.
  3. Sangat penting untuk memperhatikan asupan cairan ketika berolahraga. Jangan lupa untuk minum air putih/minuman isotonik olahraga untuk menghindari dehidrasi saat berolahraga.
  4. Gunakan sepatu khusus untuk lari, gunakan sepatu sesuai dengan fungsinya akan membantu menghidarkan dari cedera.

Posting Komentar untuk "Stop!!! Lari Siang Hari Menggunakan Jaket Berbahaya"