Blogger Jateng

Manfaat Olahraga Lari di Siang Hari bagi Tubuh

Manfaat Olahraga Lari di Siang Hari bagi Tubuh

Manfaat Olahraga Lari di Siang Hari bagi Tubuh


Semua pasti sudah tahu jika olahraga lari adalah termasuk olahraga yang murah meriah, aman, dan dapat dilakukan pada waktu pagi, siang, maupun  sore hari. Misalnya saja manfaat olahragalari di siang hari bagi tubuh sangat banyak manfaatnya tapi fungsinya sama yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan berbagai jenis macam keluhan penyakit. Namun tahukah anda jika lari dengan waktu yang berbeda misalnya lari pagi, lari siang dan lari sore maka akan menghasilkan manfaat dan reaksi tubuh yang berbeda-beda juga.


Perbedaan Waktu Pada Olahraga Lari

Beberapa perbedaannya yang perlu diketahui  sehingga dapat memilih waktu yang cocok untuk olahraga lari yang dapat disesuaikan dengan waktu luang yang anda miliki :

Olahraga Lari Pagi

Udara pada pagi hari biasanya masih mengandung banyak manfaat oksigen murni karena udara belum tercemar dengan berbagai macam kegiatan aktivitas rutin yang dapat menyebabkan adanya penumpukan radikal bebas di daerah sekitar kita. Misalnya adanya debu dari jalan raya, asap pabrik, asap rokok, asap dari kendaraan, atau radikal bebas lainnya.
Olahraga Lari pagi hari akan terasa ringan dan  sangat menyegarkan untuk tubuh dan tidak mudah membuat tubuh mengeluarkan keringat kalau hanya berlari santai saja, diperlukan kecepatan maksimal dan tenaga yang lebih maksimal. Manfaat  sinar matahari pagi sangat menyehatkan paru paru, jantung, jaringan hati bahkan mampu memadatkan kalsium pada tulang. Sinar matahari pagi mempunyai banyak kandungan vitamin D yang bagus dan  sebagai anti bakteri bagi tubuh bayi.

Olahraga Lari siang

Pada siang hari udara dinyatakan telah terkontiminasi dengan berbagai macam partikel halus yang didalamnya terdapat jutaan radikal bebas termasuk sinar matahari siang yang bisa membahayakan kesehatan kulit, suhu disekitar menjadi lebih lembab dan mudah membuat kita menjadi cepat lelah. Inilah yang menandakan bahwa oksigen disekitar kita telah berkurang sebab telah terserap oleh radikal bebas. Bagi obesitas atau mengalamai kegemukan memutuskan untuk berolahraga pada lari siang hari adalah keputusan yang tepat, karena pada siang hari tubuh kita akan cepat berinteraksi dengan udara panas dan lembab, yang bisa mempercepat tubuh anda berkeringat. Keuntungan yang didapat tubuh yaitu akan mempercepat proses pembakaran lemak dan dapat mempercepat pembuangan racun dalam tubuh melalui keringat, sehingga akibatnya bobot tubuh anda akan cepat menurun.

Olahraga Lari sore

Olahraga pada sore hari intensitas ultarviolet sudah memudar dan tidak membahayakan untuk kulit, tetapi kadar radikal bebas tetap masih tinggi karena rutinitas yang mengharuskan tetap berinteraksi dengan udara bebas.  Misalnya masih beroperasinya pabrik-pabrik, masih padatnya kendaraan dijalanan yang pulang kerja  atau karena padatnya kendaraan karena banyak yang singgah di tempat makan yang mengharuskan didalamnya terdapat aktivitas memasak dan lain sebagainya.
Manfaat olahraga lari sore akan bisa dirasakan jika dilakukan dilapangan bola, atau taman yang ditumbuhi berbagai macam tanaman, tubuh akan tetap sehat dan  terhindar dari radikal bebas hasil bentukan reaksi pada siang hari.

Setelah penjelasan Perbedaan waktu untuk olahraga dan manfaat olahraga lari di siang hari bagi tubuh berikut manfaatnya jika anda memutuskan untuk melakukan olahraga lari di siang hari.

1)      Menyehatkan pada pesendian lutut

Otot lutut dan daerah sekitaar persendian membutuhkan pelenturan dan lumasan oleh cairan kalsium yang tersimpaan di dalam tulang, semakin sering kaki digerakan maka tulang dan persediaan akan sehat, manfaat kalsium semakin padat jika diimbangi dengan sinar matahari pagi, asupan kalsium dan protein pada susu.

2)      Mempercepat proses pembakaran lemak

Pada cuaca yang panas dan lembab memungkinkan tubuh akan lebih cepat berkeringat dan mendesak enzim  pada pencernaan untuk bekerja lebih cepat dalam menghancurkan lemak-lemak dalam tubuh, termasuk juga pada orang orang yang mengalami kegemukan atau obesitas.
Untuk menurunkan berat badan disarankan pilihlah olahraga lari pada siang hari, karena cuaca yang panas dan lembab justru akan sangat menentukan keberhasilan untuk program penurunana berat badan secara cepat, lebih baik lagi jika dilakukan pada area yang teduh atau didalam sebuah taman kota.

3)      Kesehatan jantung &  metabolisme tubuh tetap stabil

Sama seperti lari dipagi hari manfaat lari siang hari dapat menstabilkan peredaran pada darah menuju jantung, mengkuatkan katub jantung, mempertahankan keseimbangan metabolisme tubuh supaya tetap prima dan mampu mempertahankan kekuatan otot-otot serta stamina untuk melakukan aktifitas yang membutuhkan tenaga lebih disore dan malam hari.

4)      Mampu menurunkan dan mencegah stres

Stres yang berlebihan bisa mengacaukaan keseimbangan metabolisme tubuh dan jantung, untuk menurunkan kadar stres bagi yang telah terserang stres maka lari siang bisa menjadi solusi terbaik untuk lari siang hari di area taman yang ditumbuhi aneka macam tanaman, sedangkan bagi yang ingin terhindar dari stres bisa juga melakukan lari siang ditempat tempat yang lebih teduh misalnya di  gedung olahraga.

5)      Untuk mengoptimalkan fungsi jantung

Olahraga siang selain maampu mempercepat pembaakaaraan lemak daan pembuangan racun tubuh lewat keringat ternyataa dapat pula mempercepat penurunan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan mampu memasok oksigen lebih banyak kedalam pembuliuh darah menuju jantung, kondisi ini baik untuk kesehatan jantung agar jantung tetap dapat memompa darah dengan lancar tanpa ada penyumbatan.

6)      Menghambat pertumbuhan sel kanker

Olahraga lari pada siang hari memang cepat membuat tubuh lelah, berkeringat dan memacu jantung lebih cepat berlari namun efeknya sangat baik untuk pencegahan pergerakaan sel kanker terhadap seseorang yang memiliki riwayat kanker di kedua orang tuannya. Sel kanker tidak bisa berkembang dan tumbuh pada tubuh yang memiliki sistem metabolisme yang sehat dan daya tahaan tubuh yang stabil,  Dan metabolisme tubuh dan daya tahan tubuh yang stabil  hanya bisa diwujudkan dengan cara rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat (4 sehat 5 sempurna).

7)      Agar Konsentrasi tetap terjaga

Olaharaga lari disiang hari bisa mengaktifkan semua saraf dan pembuluh yang ada didalam jaringan  kepala, sehingga menyehatkan sel otak secara berkesinambungaan. Sel Otak yang sehat bisa dengan mudah menerima rangsangan berupa pesan yang disampaikan oleh tubuh lewat pembuluh darah menuju susunan saraf pusat dan otak pun mampu merespon dengan cepat pesan yang disampaikan. Kondisi ini dapat mempertahankan konsentrasi dalam keadaan apapun selam 24 jam.

8)      Dapat menyembuhkan penyakit asma

Untuk penderita asma tidak perlu khawatir jika melakukaan olahraga lari ringan dengan kecepatan seperti orang berjalan cepat. Jika dilakukan dengan teratur dengan di imbangi makanan yang sehat serta tidur yang cukup maka asma akan sembuh dengan sendirinya. Jika ingin merlakukan olahraga lari di siang hari, lakukanlah disebuah area yang banyak ditumbuhi tanaman atau didalam gedung olahraga.

Itulah beberapa manfaat olahraga lari siang hari bagi tubuh kita.

Cek artikel lainnya : 

-          Materi Bola Basket Lengkap
-          Olahraga Bola Voli (Volley Ball)



-          Karena Olahraga adalah Ibadah

Posting Komentar untuk "Manfaat Olahraga Lari di Siang Hari bagi Tubuh"