Blogger Jateng

Cara Agar Nafas Panjang di Dalam Air



Cara Agar Nafas Panjang di Dalam Air

Napas panjang didalam air berikut cara-caranya tip dan trik-nya

Ingin tahu bagaimana cara agar nafas panjang di dalam air? Sebagai pecinta kegiatan renang (surfer), snorkling atau menyelam bebas, tentunya dibutuhkan nafas yang kuat untuk bisa mendukung aktifitas-aktifitas air tersebut,  Dapat menahan nafas dengan lama didalam air tentunya membuat semakin percaya diri dan lebih menikmati kegiatan-kegiatan tersebut yang berhubungan dengan air. Jika nafas kita pendek, tentunya membuat kita gampang panik ketika berada di dalam air.  Berikut beberapa teknik cara untuk melatih agar dapat menahan nafas lebih panjang dan dapat leluasa menahan nafas didalam air.

1. Latih pernapasan dalam.

Sebelum menahan napas, latihan terlbih dahulu tarik napas dan hembuskan perlahan dari dalam diafragma. Dengan melakukan ini, maka mengeluarkan udara berkualitas buruk dari paru-paru. Tarik napas selama 5 detik, tahan selama 1 detik, kemudian hembuskan selama sepuluh detik. Lakukanlah selama dua menit, dan pastikan saat kamu menghembuskan napas, membuang seluruh udara dari dalam paru-paru. Pernapasan dalam membuat tubuh menyimpan oksigen lebih di dalam sel darah merah. Hal ini akan membantu dalam menahan napas karena tubuh dapat menggunakan oksigen yang disimpan untuk terus bekerja, meskipun tidak bernapas.

2. Bersihkan CO2 dari paru-paru mu.

Ketika menahan napas tekanan yang kamu rasakan di paru-paru bukanlah hasil dari keinginan untuk bernapas, tetapi hasil dari meningkatnya CO2 yang ingin dikeluarkan. Peningkatkan CO2 dapat terasa menyakitkan seiring waktu. Untuk meminimalkannya perlu membersihkan sisa-sisa CO2 dari paru-paru mu sebelum menahan napas. Dengan cara :

Hembuskan napas sekuat-kuatnya, lalu buang sebanyak mungkin udara dari paru-paru. Kembungkan pipi ketika melakukan ini, dan bayangkan kamu sedang meniup perahu layar mainan untuk bergerak.


Ketika kamu telah menghembuskan seluruhnya, tarik napas secepatnya dan ulangi kembali. Cobalah untuk tidak bergerak saat melakukan latihan ini untuk menghindari menggunakan oksigen cadangan yang tersimpan pada langkah sebelumnya.


3. Tarik napas dan tahan selama satu menit tiga puluh detik

Ini adalah pemanasan untuk tubuh menyesuaikan dengan keadaan tanpa udara. Gunakan penghitung waktu untuk menghitung mundur 90 detik, dan jangan menahan napas lebih lama dari itu terlebih dahulu.

Saat menarik napas, jangan menghirup terlalu berlebihan; hal ini akan membuat tegangan di dalam tubuh dan menyebabkan menghabiskan energi lebih banyak. Sebaiknya, isi paru-paru hingga sekitar 80-85% sehingga tubuh masih memiliki ruangan untuk rileks.

Ketika waktu 90 detik telah selesai, hembuskan napas untuk membuang udara bekas dari paru-paru kamu, lalu bernapaslah tiga kali, tarik dan hembuskan secara menyeluruh. Hal ini dikenal dengan semi-pembersihan.

4. Ulangi langkah pernapasan dalam dan pembersihan, lalu tahan napas selama 2.5 menit


Ketika latihan 90 detik telah usai, ulangi pernapasan dalam dan pembersihan CO2 masing-masing selama satu menit tiga puluh detik.

Ketika kamu telah melakukan hal diatas, bernapaslah dan tahan selama 2.5 menit, hitung waktunya dengan penghitung waktu  dan jangan menahan napasmu lebih dari ini.
Ketika waktunya selesai, hembuskan napasmu dan lakukan tiga semi-pembersihan. Kemudian lakukan dua menit pernapasan dalam dan satu setengah menit untuk pembersihan CO2. Dan kini siap untuk menahan napas kamu selama mungkin.

5. Bilas wajah Anda dengan air dingin.

Pada latihan ini, bilas wajah dengan air dingin sebelum mulai menahan napas, Penelitian menunjukkan bahwa membilas wajah dengan air dingin menyebabkan bradycardia, atau perlambatan detak jantung, yang merupakan fase pertama dari refleks menyelam mamalia

Kamu tidak harus merendam seluruh kepala, cukup bilaskan air dingin pada wajah sebelum menahan napas, atau usap dengan handuk dingin.

Jangan gunakan es batu karenan penelitian yang sama menunjukkan suhu terlalu dingin dapat menyebabkan timbulnya refleks yang lain. Pastikan airnya berada pada suhu kira-kira 21°C dan tubuh kamu berada dalam posisi rileks.

6. Tarik napas dan tahan selama mungkin

Duduklah dengan nyaman dan tarik napas dalam, lalu isi paru-paru kamu hingga 80-85%. Tahan napas selama mungkin, kemudian cobalah tetap diam untuk menghindari terbuangnya cadangan oksigen dan eneri. Lebih baik meminta bantuan mencatat waktu untuk kamu kepda seseorang, karena waktu akan berjalan lebih cepat dan kamu dapat menahan napas lebih lama jika fokus tidak terpecah kepada penghitung waktu.
  

7. Istirahatkan setiap otot didalam tubuhmu.

Sangat penting untuk rileks sepenuhnya dan melepaskan ketegangan dari tubuh ketika menahan napas. Tutup mata dan fokus pada melepaskan ketegangan dari setiap bagian tubuh, dimulai dari kaki, bergerak perlahan ke bagian tubuh atas, lalu menuju leher dan kepala.

Konsentrasi pada sesuatu yang membuat rileks. Ketika tidak bisa berkonsentrasi lagi, alihkan perhatian dengan melakukan sesuatu menggunakan tangan, seperti menghitung hingga 99.

Cobalah untuk tidak bergerak saat dalam kondisi menahan napas. Ketika bergerak akan membuang oksigen dan hal itu akan memotong durasi kamu menahan napas. Diamlah.

8. Hembuskan Perlahan

Ketika sudah tidak bisa menahan napas lebih lama lagi, coba untuk tidak menghembuskan udara dari paru-paru dengan terburu-buru. Pertama, hembuskan sekitar 20%, lalu tarik napas kembali sehingga oksigen dapat menuju ke area kritis lebih cepat. Kemudian dapat menghembuskan dan menarik napas dengan normal kembali.

9. Ulangi langkah-langkah ini 3-4 kali per sesi

Tidak dianjurkan melakukan lebih dari 4 kali untuk sesi ini, karena dapat merusak tubuh dan paru-paru. Coba satu sesi di pagi hari dan satu sesi pada malam hari.

10. Optimalkan kapasitas paru-paru kamu dengan cara :

Jangan merokok
Miliki berat badan ideal
Seringlah berolahraga
Konsumsi makanan yang sehat
Hindari stress

Jika pingin hasil yang memuaskan silahkan lakukn dengan teliti rapi dan disiplin, demikinlah artikel tentang  cara agar napas panjang di dalam air., terima kasih sudah berkunjung ke blog kami semoga bermanfaat.


|| Baca Juga artikel Tips and Trik kesehatan lainnya,
5 Olahraga untuk Mengecilkan Perut dengan Cepat
5 Jenis Olahraga yang Mampu Mengecilkan Paha
Stop !!! Jangan di paksakan dipijat jika kondisimu badan tidak sehat

Cara Agar Nafas Panjang di Dalam Air

Posting Komentar untuk "Cara Agar Nafas Panjang di Dalam Air"