Blogger Jateng

Cabang Olahraga Bola Kecil


Cabang Olahraga Bola Kecil

Materi Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil



Cabang Olahraga Bola Kecil  - Sebelumnya telah kita bahas tentang jenis-jenis permainan bola besar. Tahukan anda permainan bola kecil itu apa? Olahraga bola kecil adalah jenis permainan yang memainkan benda tertentu aatau bola yang umumnya dengan bantuan alat.  Cabang olahraga bola kecil ada 10 jenis, yaitu tenis meja, baseball, bulu tangkis, softball, bola kasti, kriket, billiar, tenis lapangan, golf,  dan sepak takraw.  Mari kita bahas secara singkat permainan olahraga bola kecil ini.

Macam-macam jenis permainan Bola Kecil dan Penjelasanya secara rinci dan detail


1.       Tenis Meja

Tenis meja adalah salah satu cabang olahraga bola kecil yang dilakukan di atas meja dan bola dipukul dengan raket yang disebut bet. Ditemukan oleh E.C Goode pada 15 Januari 1925 dibentuk organisasi tenis meja Internasional atau International Table Tenis Federation (ITTF), Sedangkan di Indonesia, organisasi ini didirikan pada tahun 1939 dengan nama Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia (PPPSI). Lalu pada tahun 1958, PPPSI diganti menjadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI).
Teknik dasar tenis meja yaitu teknik memegang bet, posisi kaki, posisi tubuh, teknik pukulan tenis meja, dan teknik servis. Lapangan tenis meja terbuat dari kayu keras yang bisa memantulkan bola dan berbentuk persegi panjang, (Panjang 2,74 m dan Lebar 1,52 m.

|| Silahkan cek seleng tentang artikel tenis meja disini

2.       Tenis Lapangan

Tenis lapangan adalah olahraga bola kecil yang menggunakan raket untuk memukul bola, sehingga bola memantul ke lapangan. Tujuan olahraga permainan ini adalah memukul bola dengan raket hingga lawan tidak dapat mengembalikan bola dan menjaga daerah sendiri dari serangan lawan untuk memenangkan pertandingan. Olimpiade pertama olahraga tenis lapangan diselenggarakan yaitu pada tahun 1986, Organisasi yang membawahi olahraga ini adalah International Tennis Federation (ITF).
Standar lapangan tenis internasional dari ITF adalah panjang lapangan 23,77 meter, lebar untuk permainan tunggal 8,2 meter dan permainan ganda 10,97 meter.

|| Silahkan cek selengkapnya tentang artikel tenis lapangan disini,

3.       Golf

Golf adalah permainan bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang yang telah ditentukan daerahnya dengan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya. Tahun 1958 dibentuk International Golf Federation (IGF) untuk mengatur seluruh masalah golf di dunia, teknik dasar golf yaitu teknik memegang, mengayun dan memukul. Sedangkan perlengkapan dan peraturan golf ada 12 yaitu tas, stick golf, shaft, sepatu, topi, bolanya, pakaian, kaus kaki, sunblock, tee, sarung tangan, dan celana golf.

|| Silahkan cek selengkapnya tentang artikel Golf disini.

4.        Baseball

Baseball (bisbol) adalah cabang olahraga bola kecil yang terdiri dari 2 regu yang saling berlawanan dengan setiap regu terdiri dari 9 pemain. Tujuan olahraga baseball adalah mempertahankan tim untuk tetap menjadi pemukul bola (batting) agar memperoleh angka supaya bisa memenangkan pertandingan. Tahun 1938 dibentuk International Baseball Federation (IBAF) yang bertujuan untuk mengatur seluruh kegiatan mengenai bisbol di seluruh dunia.
Teknik dasar bisbol ada 4 yaitu teknik melempar bola, memukul bola, memegang stik, dan menangkap bola, ukuran lapangan permainan baseball berukuran kira-kira 0,8 hektar (profesional) dan di salah satu ujung lapangan dibentuk belah ketupat. Jarak tiap-tiap base adalah 27,45 meter dan pitcher plate berukuran 60 x 15 centimeter, Ukuran panjang kayu pemukulnya 1,06 meter, penampang bergaris tengah 7 cm, pembungkus pegangan 46 cm. Dan berat bola bassball 145 gram dan keliling 23 cm, lama permainan baseball berlangsung selama (dalam) 9 inning.

|| Silahkan cek selengkapnya tentang artikel Baseball/bisbol

5.        Softball

Softball adalah perkembangan dari olahraga baseball, hanya saja memiliki ukuran bola lebih besar berdiameter 28-30,5 cm dan tidak terlalu keras, Softball dimainkan 9 orang pemain dan bermain dalam 7 inning, masing-masing regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang sebanyak 7 kali, pergantian dilakukan bila regu bertahan berhasil mematikan permainan dan penyerang sebanyak 3 orang.
Permainan ini diciptakan pada tahun 1887 di Amerika Serikiat oleh George Hancock dan pertama kali dimainkan di Chicago. Organisasi Internasional yang menaungi olahragai ini adalah Federasi Softball Internasional (ISF). Teknik dasar pada softball ada 7 yaitu teknik memegang bola, melempar bola, memukul softball, menangkap bola, memegang alat pukul (bat), teknik meluncur atau sliding dan teknik berlari ke base atau antar base.

|| Silahkan cek selengkapnya tentang artikel Softball

6.       Bola Kasti

Permainan olahraga bola kasti adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing terdiri dari 12 orang. Permainan termasuk permainan bola kecil yang dimainkan beregu (regu pemukul dan penjaga). Teknik dasar bola kasti ada 5 yaitu teknik memegang bola, menangkap bola, melempar bola, berlari dan memukul bola.
Ukuran lapangan kasti 60x30m (terbesar), ruang pemukul dan ruang bebas pada bola kasti 65x30m. Dann ukuran terkecil 45x30m, dengan ruang pemukul dan ruang bebas 50x30m. Tinggi tiang bendera minimal 1,50m dari tanah, lama pertandingan sekurang-kurangnya 2 x 20 menit dan paling lama 30 menit, dengan diluar waktu istirahat 10 menit. Peralatalan pada bermain bola kasti adalah :

  • Bola kecil dengan berat 60 - 70 gram dan keliling 20 cm.
  • Tongkat pemukul dengan panjang 50 - 60 cm dan bergaris tengah 5 cm,
  • Patok tali,
  • Nomor dada berwarna putih berukuran 25 x 25 cm
  • Tiang hinggap tinggi 150 cm di atas tanah.
|| Silahkan cek selengkapnya tentang artikel bola kasti

7.       Kriket

Kriket (cricket) adalah permainan yang menggunakan alat pemukul kayu dan bola. Tujuan permainan ini adalah untuk mencetak lebih banyak angka dibandingkan tim lainnya. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 11 pemain. Lamanya permainan tidak dibatasi oleh waktu, tapi menggunakan perpindahan. Lingkar bola kriket antara 224 - 229 mm dan beratnya antara 156 - 163 gram. Lapangan kriket biasanya berbentuk lingkaran atau oval, dengan ukuran mulai 90 - 100 meter (100 - 160 meter).

8.       Billiard

Olahraga bola kecil selanjutnya adalah Billiar, dimainkan di atas meja dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari berbagai jenis antara lain: carom, dan pool, English billiard.
Billiard bisa dimainkan perorangan ataupun tim. peralatan utama dalam bermain billiard diantaranya : stik billiar, meja billiard dan cue ball.
Ukuran stik panjangnya sekitar 147-152cm(58-60 inchi), Cue ball billiard atau bola gaco memiliki beragam jenis dan mempunyai berat berbeda. Ukuran meja billiar biasanya disebutkan dalam satuan kaki (foot) yang dimulai dari ukuran 7 - 9 kaki (1 kaki = 30,48 cm).

|| Baca artikel selengkapnya tentang billiard disini.

9.       Sepak Takraw

Sepaktakraw adalah permainan yang dilakukan oleh dua tim yang berhadapan dilapangan yang dipisahkan oleh jaring (net) yang membelah lapangan menjadi dua bagian. Permainan ini menggunakan bola dari rotan dimainkan di atas lapangan yang datar dengan panjang 13,40m dan lebar 6,10 m, dengan dibatasi Jaring Net setinggi 1,55 m, Teknik dasar sepak takraw antara lain: teknik sepakan, sepak cungkil, menapak, teknik servis, sepak kura, sepak simpuh, dan teknik bertahan.

10.   Bulu Tangkis

Olahraga bulu tangkis adalah olahraga menggunakan raket sebagai alat pemukul dan shuttlecock sebagai objek pukul.  Pada tahun 1934, dibentuk International Badminton Federation (IBF). Seiring berjalannya waktu pada tahun 2006 IBF diganti namanya menjadi Badminton World Federation (BWF), Ukuran lapangan bulu tangkis adalah 13,40 m dan lebara 6,10 m dengan Panjang net 6,10 m dan lebar 0,75 m, tinggi 1,525 m. Shuttlecock (bola untuk bulu tangkis) terbuat dari bulu angsa atau bulu ayam, dan sebagainya dengan  diameter gabus 25 - 28 mm, berat bola 4,7 - 5,5m, panjang bulu 60 - 70 mm, jumlah bulu 14 sampai dengan 16 helai.

Baca artikel selangkapnya tentang Bulu tangkis di sini


Itulah sekilas tentang garis besar cabang olahraga bola kecil dan penjelasannya, silahkan cek artikel menarik kami lainnya teknik dasar bola voli dan pengertian bola voli semoga bermanfaat.

|| Silahkan cek artikel menarik lainnya tentang olahraga bola kecil
Cabang Olahraga Bola Kecil 
Makalah Tenis Meja
Tenis Lapangan
Mengenal Olahraga Golf
Olahraga Baseball
Permainan Softball
Permainan Bola Kasti 
Pengertian Olahraga Bulu Tangkis

Posting Komentar untuk "Cabang Olahraga Bola Kecil"