Blogger Jateng

Mengenal Olahraga Golf

Golf – Pengertian Golf, Sejarah Golf, Teknik Golf, Peraturan Golf, Ukuran Lapangan Golf


Mengenal Olahraga Golf

Permainan Golf – Golf adalah termasuk pada permainan olahraga bola kecil, buat yang belum mengetahuinya mari kita mulai untuk mengenal olahraga golf ini, artikel ini akan membahas tentang pengertian golf, sejarah golf, teknik golf, peraturan golf, ukuran lapangan golf dan manfaat olahraga golf. Golf merupakan olahraga yang dikenal masyarakat indonesia adalah olahraganya orang kelas atas (orang kaya), karena olahraga ini memerlukan banyak peralatan dan cukup mahal. Asal usul olahraga golf ini asalnya belum jelas dari mana, ada yang bilang dari Tiongkok, Skotlandia, dan Belanda. Ingin tahu lebih lengkap mengenai olahraga golf? Mari kita bahas bersama.

Pengertian Golf

Golf adalah cabang olahraga dari permainan bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang sudah ditentukan dengan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya.

Sejarah Golf

Pada abad 15 M masyarakat Skotlandia sudah memainkan olahraga golf di lapangan luas dengan menggunakan pemukul dari kayu dan bola dari karet. Olahraga golf ini pun dilarang oleh pemerintahan karena dianggap bisa mengganggu jalannya pemerintahan. Golf kemudian dibawa ke Negara Inggris dan mengalami perkembangan pesat sampai golf terkenal di benua Eropa.
Sebenarnya, olahraga golf tidak jelas berasal dari mana, Rakyat Tiongkok bilang telah memainkan permainan golf ini sejak zaman dinasti song (abad 11 M). Rakyat Belanda juga mengatakan bahwa mereka telah memainkan golf mulai abad ke 12 M. Tetapi Skotlandia menyatakan bahwa mereka yang menciptakan olahraga golf ini pada abad ke 15 M. Setelah melakukan perdebatan akhirnya sebagian besar sejarawan dunia berpendapat bahwa olahraga golf berasal dari Skotlandia. Karena adanya bukti kuat bahwa golf berasal dari Skotlandia yaitu lapangan golf pertama berada disana, Nama golf diambil dari bahasa Skotlandia, turnamen pertama golf berasal dari Skotlandia dan juga klub golf pertama berasal dari Skotlandia.
Seiring dengan berjalannya waktu, Golf semakin terkenal hingga seluruh dunia sehingga pada tahun 1958 dibentuklah IGF (International Golf Federation) untuk mengatur seluruh masalah golf yang ada di dunia. Dan Sampai sekarang IGF berpusat di Switzerland dan sudah memiliki 126 negara sebagai anggota.

Teknik Dasar Golf

Golf adalah olahraga yang membutuhkan keseimbangan, keakuratan dan kekuatan dalam memukul, untuk itu diperlukan teknik mengayun, memegang, serta memukul yang pas dan benar, Berikut teknik dasar golf :

Teknik Memegang

Sebelum memahami bagaimana cara mengayun dan memukul, sebaikanya anda memahami teknik memegang stick golf yang benar terlebih dahulu, dan berikut tekniknya,
  1. Baseball grip, teknik ini dilakukan sama seperti memegang stick baseball yakni tangan kiri berada di bawah tangan kanan.
  2. Overlapping golf grip, teknik ini hampir sama seperti diatas, hanya saja tangan kanan sedikit ke atas, sehingga posisi jari kelingking tangan kanan berada di antara jari telunjuk dengan jari tengah tangan kiri.
  3. Interlocking golf grip, kami menyarankan untuk tidak menggunakan teknik ini bagi yang baru belajar, karena teknik ini digunakan untuk pemain golf profesional. Cara adalah seperti memegang stick baseball namun mengaitkan jari kelingking tangan kiri dengan jari telunjuk dari tangan kanan.

Teknik Mengayun

Biar pukulan semakin seimbang dan bertenaga, ada beberapa cara untuk mengayunkan stick yang baik dan benar.
Melakukan backswing yaitu mengayunkan stick ke belakang tubuh kita sampai melewati kepala.
Melakukan downsing, setelah melakukan backswing baru lakukan downsing, yaitu dengan cara melancarkan pukulan yang pas agar mengenai bola.

Teknik Memukul

Pukulan akurat sangat dibutuhkan pada olahraga golf. Untuk mendapatkan pukulan itu, harus memahami teknik dalam memukul bola golf. Berikut ini adalah teknik dasar memukul bola golf.
  • Tee shot, digunakan pada pukulan pertama untuk memulai pertandingan yang dilakukan dari letak awal bola golf(teeing ground) menuju lubang.
  • Fairway shot, dilakukan para pemain golf setelah melakukan tee shot.
  • Bunker shot, digunakan jika bola yang dipukul keluar area.
  • Putting, digunakan apabila bola golf sudah dekat dengan lubang supaya bola dengan mudah dimasukkan.
  • Punch, biasa digunakan jika angin yang berhembus dilapangan golf sangat kencang.

Peraturan Golf

Peraturan golf - Peraturan-peraturan dalam permainan olahraga golf adalah sebagai berikut :
  • Pukulan pertama untuk memulai pertandingan dilakukan dari teeing ground (dari letak awal bola golf)
  • Dalam golf yang menjadi pemenangnya adalah yang memasukkan bola dengan pukulan paling sedikit.
  • Setiap melakukan pukulan para pemain harus berjalan untuk melakukan pukulan selanjutnya.
  • Pemain bisa menganggap bolanya tidak bisa dimainkan dengan posisi apapun di dalam lapangan.
  • Jika mendapatkan pelanggaran /pinalty anda diperbolehkan untuk membersihkan, mengangkat, dan bahkan mengganti bola.

Ukuran Lapangan Golf

Lapangan golf biasanya memiliki sejumlah lubang (hole) yang dijadikan sasaran dan pada umumnya berjunlah 9 - 18 hole. Bila kita bermain golf, maka harus menyelesaikan 18 hole tersebut pada setiap kali game. Tujuan golf pada dasarnya adalah untuk memasukkan bola ke dalam lubang atau hole dengan total lubang sebanyak 18 hole.  Dimulai dari teebox dan diakhiri dengan memasukkan bola kedalam hole yang berada di aera putting green. Setiap hole hanya punya satu lubang dan umumnya ditandai dengan bendera yang berwarna.
Pukulan pertama dilakukan di teeing ground atau teebox. Untuk pemain profesional, pukulan pertama biasanya dilakukan di teebox yang paling jauh dan ditandai dengan patok batu warna hitam dan untuk pemain golf wanita, pukulan dimulai pada teebox terdepan dengan ditandai patok batu warna merah. Sedangkan untuk pemain golf beginner atau pemula, area teebox biasanya berada di belakang teebox wanita dan ditandai dengan patok batu warna putih.
Teebox umumnya lebih tinggi sekitar 100 cm, dan biasanya pada setiap hole punya rintangan (hazards) yang terdiri dari dua jenis, yaitu bunker dan rintangan Air, Bungker adalah cekungan yang berisikan pasir dan rintangan air seperti sungai atau danau. Sedangkan putting green adalah area yang mempunyai rumput sangat pendek dan sekaligus merupaan hole terakhir pada permainan golf. Ukuran Hole berdiameter 4.25 inci atau 108 mm dengan kedalaman dari hole tersebut 3.94 inci  atau 100 mm.

Manfaat Golf

Berikut merupakan beberapa manfaat golf yang bisa dapatkan :
-  Mengurangi stres
Saat bermain golf anda bisa melihat lapangan yang luas dengan rumput hijau yang indah dan menikmati udara yang segar yang bisa mengurangi stres pikiran.
-  Membakar lemak
Pada saat bermain golf kita diwajibkan untuk berjalan agar bisa melakukan pukulan selanjutnya. Dengan berjalan dilapangan yang luas setiap hari akan dapat membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan.
-  Melatih dalam berkonsentrasi
Anda diharuskan untuk konsentrasi penuh agar bola dipukul dengan akurat dan bola bisa masuk kedalam hole.
-  Menguatkan fisik
Bagi yang malas bergerak atau malas olahraga, bisa memulai dengan olahraga golf. Karena biarpun olahraga dilakukan dengan santai tapi jika dilakukan dengan rutin setiap hari pasti akan dapat menguatkan fisik anda.

Demikianlah artikel permainan golf yang meliputi pengertian golf, sejarah golf, teknik golf, luas lapangan golf, peraturan golf, beserta manfaatnya.  Terima kasih dan semoga bermanfaat.

|| Silahkan cek artikel menarik lainnya tentang olahraga bola kecil
Cabang Olahraga Bola Kecil 
Makalah Tenis Meja
Tenis Lapangan
Mengenal Olahraga Golf
Olahraga Baseball
Permainan Softball
Permainan Bola Kasti 
Pengertian Olahraga Bulu Tangkis

1 komentar untuk "Mengenal Olahraga Golf"

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus