Blogger Jateng

Permainan Softball

Pengertian Permainan Softball, Teknik, Sejarah, dan Taktik dalam Permainan Softball

Pengertian Permainan Softball, Teknik, Sejarah, dan Taktik dalam Permainan Softball

Permainan softball termasuk dalam kategori jenis olahraga dengan menggunakan bola kecil, pembahasan kali ini akan membahas tentang rangkuman softball atau materi softball yang terdiri dari pengertian softball, peraturan softball, teknik softball, pemain softball, bentuk lapangan softball dan lama pertandingan softball.

Pengertian Permainan softball

Permainan softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri atas dua tim, berasal dari Negara Amerika Serikat yang diciptakan pada tahun 1887 diChicago oleh George Hancock. Bola softball berdiameter 28-30,5 cm. Dalam permainan olahraga softball, terdapat sebuah tim yang memukul (offense) dan regu yang berjaga (defense). Softball merupakan perkembangan dari olahraga baseball  atau hardball.

Cara Bermain softball

Cara bermain permainan softball ini adalah bola dilempar oleh seorang pitcher atau pelempar bola dan menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan bat atau tongkat pemukul. Dengan tujuan permainan softball adalah tiap tim berlomba untuk mengumpulkan angka atau run dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari sampai menyentuh marka yang terakhir yang disebut dengan home plate. Regu atau tim yang berhasil mencetak angka atau run terbanyak dalam inning yang telah ditentukan adalah pemenang pemenang pertandingannya.

||| Baca juga artikel tentang Olahraga Baseball disini

Waktu Permainan Softball

Lama atau durasi permainan softball adalah 7 inning atau selama waktu 2 jam. Permainan softball minimal membutuhkan satu sampai tujuh.

Lapangan Softball

Lapangan softball berbentuk seperti bujur sangkar dengan Lapangan softball dibagi menjadi 2 daerah, yaitu daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory).  Daerah fair ini lalu dibagi menjadi 2 bagian, yakni bagian dalam (Infield), dan bagian luar (outfield).

Di dalam daerah dalam ada 4 marka (base), setiap marka ini lalu diberi nomor berlawanan arah jarum jam, dimulai dari marka awal yang disebut home plate, kemudian diteruskan dengan marka pertama, marka kedua dan marka ketiga. Marka berbentuk bujur sangkar dengan sisi 15 inci yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari keempat marka membentuk bentuk empat persegi yang disebut dengan berlian (diamond).  Di belakang home plate terdapat batasan yang disebut backstop sejauh 7,62 meter dan 9,14 meter.

Teknik Dasar Permainan Softball

Pada memainkan permainan softball terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Teknik Melempar Bola

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam teknik melempar bola adalah melempar bola. Cara memegang bola softball diantaranya adalah bola dipegang, diberi jarak antara bola dengan telapak tangan sehingga ada rongga. Jari tengah dan jari telunjuk digunakan untuk menekan bola, kemudian ibu jari dan jari lainnya digunakan untuk menahan bola agar tidak terjatuh, pitcher adalah orang yang melambungkan (pelambung) bola softball.

Dalam softball jenis lemparan dibedakan menjadi 3 macam, yakni ;
-          Lemparan Atas (Overhand Throw)
Pada saat melemparkan bola, ayunan tangan dan langkah kaki secara bersamaan dengan berat badan bertumpu di kaki yang di depan dan badan sedikit condong ke belakang.
-          Lemparan Samping (Sidehand Throw)
Pada lemparan samping, lengan bawah sejajar dengan bahu danditambah sedikit lecutan pergelangan tangan.
-          Lemparan Bawah (Underhand Throw)
Lemparan bawah umumnya digunakan pada keadaan darurat dan dilakukan pada waktu yang cepat, posisi tubuh membungkuk dengan kedua kaki ditekuk.

Teknik Dasar Menangkap Bola

Teknik dasar menangkap bola adalah berdasarkan arah datangnya bola, teknik dasar menangkap bola dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :

1.       Bola Datar (Straight Ball)
Posisi badan pada saat menangkap bola dengan teknik ini adalah berdiri, kaki kangkang, posisi kedua tangan siap di depan dada, dan pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola. Bola ditangkap dengan tangan kiri yang menggunakan glove sedangkan tangan kanan harus bersiap untuk melempar bola.

2.       Bola Lambung
Posisi badan saat melakukan teknik ini adalah ditempatkan tepat di mana bola akan jatuh. Bola itu kemudian ditangkap menggunakan satu tangan atau dua tangan secara bersamaan.

3.       Bola Menggelinding (Ground Ball)
Caranya  adalah dengan cara berlutut dan tangan yang memakai glove ditempatkan tepat pada arah bola datang, sedangkan tangan yang saunya bersiap untuk menangkap dan melempar bola.

Teknik Dasar Memegang Kayu Pemukul (Bat)

Cara memegang kayu pemukul atau bat adalah dengan cara pemukul kayu atau bet tersebut dipegang erat-erat tangan merapat atau sedikit renggang dengan posisi tangan kanan di sebelah atas dan tangan kiri di sebelah bawah.

Teknik Dasar Memukul Bola

Teknik dasar pada memukul bola softball dibedakan menjadi 2 pukulan, yakni sebagai berikut.

Pukulan swing

Sikap awal
Sikap awal dalam pukulan swing adalah berdiri dan kedua kaki dijarangkan. Lalu kaki kiri diputar mengarah lurus dengan pitcher. Berat badan tertumpu pada kedua kaki dan badan condong ke depan. Pemukul dipegang erat-erat dengan kedua tangan dan posisi memukul sedemikian rupa sehingga tepat di atas bahu. Pandangan lurus kearah bola datang dan tangan kanan lebih rendah dibandingkan tangan kiri.

Sikap Saat Memukul
Setelah bola dilempar oleh pitcher, selanjutnya adalah bola segera dipukul secara tepat dengan mengayunkan pemukul ke arah datangnya bola. Posisi badan adalah kaki kanan sedikit ditekuk dan kedua tangan diluruskan.

Sikap Akhir
Setelah bola berhasi dipukul, selanjutnya adalah gerakan ayunan bat sebagai gerakan lanjutan.

Pukulan Tumbuk (bunt)

Pengertian pukulan tumbuk adalah memukul bola tanpa harus mengayunkan pemukul tetapi cukup menahan arah datangnya bola sehingga bola akan jatuh dekat dengan si pemukul. Pada waktu pukulan tumbuk atau bunt, sikap kedua kaki cukup dengan posisi kaki disejajarkan dengan arah datangnya bola.

Demikian artikel tentang rangkuman softball atau materisoftball yang terdiri dari pengertian softball, peraturan softball, teknik softball, pemain softball, bentuk lapangan softball dan lama pertandingan softball, semoga bermanfaat.

|| Silahkan cek artikel menarik lainnya tentang olahraga bola kecil
Cabang Olahraga Bola Kecil 
Makalah Tenis Meja
Tenis Lapangan
Mengenal Olahraga Golf
Olahraga Baseball
Permainan Softball
Permainan Bola Kasti 
Pengertian Olahraga Bulu Tangkis

Posting Komentar untuk "Permainan Softball"