Blogger Jateng

Bola Tangan (Handball)

Bola Tangan (Handball)

Bola Tangan (Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Manfaat)

Bola tangan (handball) termasuk pada permainan olahrga bola besar, Bola tangan adalah olahraga yang agak mirip dengan sepak bola, namun olahraga ini dimainkan dengan menggunakan tangan. Bola tangan telah dimainkan pada zaman Yunani Kuno pada tahun 100 Masehi.

Pengertian Bola Tangan

Bola tangan adalah cabang olahraga bola besar beregu yang saling berlawanan satu sama lain yang terdiri dari 14 - 16 pemain dalam satu tim dengan 7 pemain inti termasuk kiper, sisanya adalah pemain cadangan untuk mengganti pemain inti jika terjadi cedera atau performanya kurang bagus.  Sistem olahraga ini hampir mirip dengan sepak bola, namun terdapat beberapa perbedaan antara kedua olahraga ini, yaitu bola tangan membawa dan mencetak gol dengan menggunakan tangan, sedangkan sepak bola menggunakan kaki serta jumlah pemain dan peminatnya yang lebih sedikit dari sepak bola.

Tujuan olahraga bola tangan

Tujuan dari olahraga ini adalah untuk mencetak skor atau gol ke gawang lawan dengan sebanyak-banyaknya agar memenangkan pertandingan dan mempertahankan gawang sendiri dari serangan lawan agar tidak kebobolan oleh lawan.

Sejarah Bola Tangan

Olahraga bola tangan diperkirakan sudah ada sejak zaman Yunani Kuno sekitar abad ke 130 - 200 Masehi. Olahraga yang mirip dengan bola tangan ini adalah Urania, dan tentu peraturan serta cara bermain sedikit berbeda dengan sekarang.  Pada abad ke 11 Masehi permainan bola tangan berkembang hingga ke Jerman yang dipopulerkan oleh pria bernama Walther Von Der Vgelweide dengan nama yang berbeda yaitu fangballspiel (permainan tangkap bola yang terdiri dari 11 pemain).
Bola tangan mengalami penyebaran yang sangat cepat ke negara yang ada di benua Eropa dan Amerika.  Pada abad ke 14 Masehi telah dimainkan di Denmark dan Perancis. Serta penduduk asli Amerika yang disebut suku Eskimo telah memainkan ini pada abad 17 Masehi. Pada abad ke 19 Masehi bola tangan mulai mengalami perubahan peraturan dengan 7 orang pemain dan dikenal dengan bola tangan lapangan. Hirschman dan Dr. Karl Schelenz dr Jerman adalah tokoh yang mengembangkan olahraga ini dan dikenal sebagai penemu dari bola tangan lapangan modern. Hingga pada akhirnya dibentuklah IHF (International Handball Federation) pada tahun 1946 dan kejuaraan dunia pertama bola tangan pada tahun 1954,dan IHF telah tercatat memiliki kurang lebih 160 negara sebagai anggota.

Teknik Dasar Bola Tangan

1.       Teknik Menggiring Bola / Dribbling bola tangan

Dribbling menjadi hal yang sangat penting untuk menentukan kemenangan, dibutuhkan latihan yang rutin untuk dapat melakukan teknik ini dengan baik.

2.       Teknik Menembak / Shooting

Teknik ini sangat berpengaruh karena dengan shooting yang keras dan akurat bisa mencetak gol dan menghasilkan kemenangan. Shooting biasa dilakukan oleh pemain yang memiliki lemparan yang kuat dan diletakkan diposisi depan, macam-macam shooting dalam bola tangan yaitu :
  • Jump shot (tembakan melompat) : dilakukan dengan cara melakukan dribbling dahulu lalu melakukan lompatan sebelum menembak gawang lawan.
  • Standing throw shot(Tembakan berdiri) : dilakukan dengan cara melakukan dribbling dahulu lalu menembak bola sekeras – kerasnya.
  • The fall shot, dilakukan dengan cara melakukan dribbling dahulu kemudian menjatuhkan badan ke depan sambil menembak bola dengan posisi akhir dengan badan terlentang.
  • Side shot (tembakan menyamping) : dilakukan dengan cara melakukan dribbling lalu menembak bola dengan keras dengan posisi tubuh menyamping sedikit ke kanan (pengguna tangan kanan).
  • The dive shot dilakukan dengan cara membelakangi gawang lalu lakukan lompatan sambil menembak kea rah gawang dengan kuat.
  • Reverse shot (tembakan membalik) : dilakukan dengan cara membelakangi arah tembakan lalu memegang bola dengan kedua tangan.
  • Flying shot (tembakan melayang), teknik ini dilakukan dengan cara melakukan tembakan sambil melompat menggunakan kaki kiri.

3.       Teknik Mengumpan / Passing Bola Tangan

Teknik ini sangat berperan penting dalam tim, Karena seorang pemain bisa mencetak gol karena umpan bagus dari teman.

4. Menagkap Bola / Catch bola tangan

Teknik ini sangat diperlukan agar bisa menerima umpan dan tembakan dari lawan, teknik ini tidak terlalu sulit dan juga tidak gampang hanya butuh latihan yang banyak agar bisa menguasainya.

5. Teknik Menghadang Lawan

Teknik ini tidak kalah penting dari semua adalah yaitu teknik menghadang lawan, Jika anda mahir dalam mengahalau lawan, dipastikan anda berpotensi untuk menjadi pemain bertahan. Dalam menghadang lawan dibutuhkan fisik yang kuat, badan yang besar, serta stamina yang ekstra.

Peraturan Bola Tangan

1.       Ukuran Lapangan

Ukuran Lapangan Bola Tangan, Bola tangan dimainkan di lapangan dengan panjang 40 meter dengan lebar 20 meter.

2.       Ukuran Bola Tangan

Bola Tangan, untuk putra berusia 16 tahun ke atas, berat bola yang dianjurkan adalah dari 425 - 475 gram, Untuk putri berusia 14 tahun ke atas berat bola yang dianjurkan adalah dari 325 - 375 gram. Sedangkan untuk putra dan putri dibawah 16 dan 14 tahun dianjurkan beratnya 290 - 330 gram.

3.       Durasi Waktu Permainan Bola Tangan

Dalam olahraga bola tangan, masing – masing babak berdurasi untuk putra 35 menit dan putri 30 menit dan dalam satu pertandingan terdiri dari 2 babak.

4.       Jumlah Pemain Bola tangan

Terdiri dari 2 regu yang saling berlawan, dan setiap regu terdiri dari 14 – 16 pemain dengan 7 pemain inti dan sisanya cadangan.

5. Jumlah Wasit

Jumlah wasit pada pertandingan bola tangan resmi terdiri dari 2 wasit yang mempunyai tugas yang sama dan  dibantu oleh seorang pencatat skor dan pencatat waktu.

6.       Pelanggaran

Pelanggaran akan terjadi apabila :

  • Mendribbling bola lebih dari 3 langkah.
  • Memegang bola lebih dari 3 detik.
  • Melempar bola dan menangkapnya kembali sebelum ada sentuhan dari teman/lawan,
  • Dengan sengaja melempar bola kelawan dengan keras.
  • Memasuki area daerah kiper.
  • Melakukan hal yang berbau kekerasan terhadap lawan.

Manfaat Bola Tangan

1.        Menambah Kesehatan Fisik

Dalam olahraga bola tangan, diwajibkan berlari dan berjalan untuk menggiring bola supaya dapat mempertahankan dan mencetak skor kegawang lawan hal ini dapat menambah stamina.

2.       Menjadi Lebih Cerdas

Olahraga bola tangan bukan hanya mengandalkan fisik yang  kuat tetapi otak yang cerdas agar bisa memikirkan strategi yang tepat untuk menciptakan gol.

3.       Meningkatkan Kerja Sama

Komunikasi sangat dibutuhkan dalam pertandingan bola tangan ini,karena dengan komunikasi akan membentuk kerja sama tim.

4.       Memperkuat Mental

Pada setiap pertandingan tidak mungkin selalu mendapatkan kemenangan, pasti akan mengalami kekalahan juga, dengan kekalahan akan menjadi pembelajaran agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5.       Menjadi Lebih Disiplin

Untuk menjadi pemain professional hal utama yang harus dilakukan adalah berlatih dengan giat dan harus disertai dengan doa, Latihan bola tangan bisa membuat anda menjadi lebih disiplin dalam berlatih.

Demikianlah artikel hari ini tentang Bola Tangan (Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Manfaat), Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bola Tangan (Handball)"