Blogger Jateng

Cara Setting Karbu 4 Silinder


Cara Mengepaskan Teaming Cara Setting Silinder Motor YouTube
Cara Mengepaskan Teaming Cara Setting Silinder Motor YouTube from www.youtube.com

Pengenalan Karburator

Karburator adalah salah satu bagian yang sangat penting pada mesin kendaraan. Karburator berfungsi untuk mencampurkan bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin. Karburator yang tidak teratur akan menyebabkan mesin menjadi tidak stabil dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Langkah-Langkah Setting Karbu 4 Silinder

1. Bersihkan Karburator

Sebelum melakukan setting karbu, pastikan karburator dalam keadaan bersih dari kotoran dan sisa-sisa bahan bakar. Cuci karburator dengan menggunakan cairan khusus karburator dan sikat kecil agar semua kotoran dapat terangkat.

2. Atur Idle Speed Screw

Idle speed screw berfungsi untuk mengatur putaran mesin ketika dalam keadaan diam. Putar idle speed screw searah jarum jam untuk menaikkan putaran mesin dan sebaliknya untuk menurunkannya.

3. Atur Idle Mixture Screw

Idle mixture screw berfungsi untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar pada saat mesin dalam keadaan idle. Putar idle mixture screw searah jarum jam untuk menambah campuran bahan bakar dan sebaliknya untuk mengurangi campuran bahan bakar.

4. Atur Main Jet

Main jet berfungsi untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar pada saat mesin dalam keadaan bertenaga. Putar main jet searah jarum jam untuk menambah campuran bahan bakar dan sebaliknya untuk mengurangi campuran bahan bakar.

5. Atur Pilot Jet

Pilot jet berfungsi untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar pada saat mesin dalam keadaan sedang berjalan dengan kecepatan rendah. Putar pilot jet searah jarum jam untuk menambah campuran bahan bakar dan sebaliknya untuk mengurangi campuran bahan bakar.

6. Uji Coba

Setelah semua pengaturan selesai dilakukan, uji coba kendaraan untuk melihat apakah pengaturan karbu sudah sesuai atau belum. Jika masih belum sesuai, ulangi langkah-langkah di atas sampai karbu bisa diatur dengan baik.

Kesimpulan

Setting karbu 4 silinder memang memerlukan ketelitian dan kesabaran. Namun, dengan melakukan pengaturan karbu yang tepat, kendaraan akan lebih stabil dan konsumsi bahan bakar akan lebih efisien.


Posting Komentar untuk "Cara Setting Karbu 4 Silinder"