Sejarah Singkat RX King
RX King atau yang sering disebut RXK adalah salah satu jenis sepeda motor yang cukup populer di Indonesia. Motor ini awalnya diproduksi oleh Yamaha pada tahun 1983 dan dipasarkan di Indonesia pada tahun 1984. RX King menjadi salah satu sepeda motor yang laris di pasaran karena mesinnya yang tangguh dan desainnya yang sporty. Meski produksinya sudah dihentikan pada tahun 2007, tetapi RX King masih menjadi incaran para pecinta otomotif di Indonesia.
Komponen Karburator RX King
Untuk mengoptimalkan performa mesin RX King, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pengaturan karburator. Karburator pada RX King terdiri dari beberapa komponen penting seperti choke, main jet, pilot jet, needle jet, dan slide. Semua komponen tersebut harus diatur dengan tepat agar mesin RX King dapat berjalan dengan optimal dan tidak boros bahan bakar.
Cara Setting Karbu RX King
1. Bersihkan Karburator
Sebelum melakukan setting karburator, pastikan karburator dalam keadaan bersih. Bersihkan karburator dengan menggunakan cairan pembersih karburator dan sikat gigi. Pastikan tidak ada kotoran yang tersisa di dalam karburator.
2. Atur Pilot Jet
Pilot jet merupakan komponen yang berfungsi mengatur campuran udara dan bahan bakar pada putaran rendah. Untuk mengatur pilot jet, putar jarum baut pilot jet searah jarum jam untuk mengurangi campuran udara dan bahan bakar, atau sebaliknya untuk menambah campuran udara dan bahan bakar.
3. Atur Main Jet
Main jet berfungsi mengatur campuran udara dan bahan bakar pada putaran tinggi. Untuk mengatur main jet, ganti main jet dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil sesuai kebutuhan. Main jet yang terlalu besar akan membuat mesin boros bahan bakar, sedangkan main jet yang terlalu kecil akan membuat mesin terlalu panas dan tidak bertenaga.
4. Atur Needle Jet
Needle jet berfungsi mengatur campuran udara dan bahan bakar pada putaran menengah. Untuk mengatur needle jet, ganti needle jet dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil sesuai kebutuhan. Pastikan needle jet tidak terlalu dalam atau terlalu dangkal di dalam karburator.
5. Atur Slide
Slide berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke dalam karburator. Untuk mengatur slide, geser slide ke atas atau ke bawah sesuai kebutuhan. Slide yang terlalu tinggi akan membuat mesin terlalu banyak menghisap udara dan boros bahan bakar, sedangkan slide yang terlalu rendah akan membuat mesin kurang bertenaga.
Kesimpulan
Mengatur karburator RX King memang tidak mudah, tetapi jika dilakukan dengan benar, maka mesin RX King dapat berjalan dengan optimal dan tidak boros bahan bakar. Selain itu, pastikan selalu melakukan perawatan rutin pada sepeda motor RX King agar tetap awet dan tahan lama.
Posting Komentar untuk "Cara Setting Karbu Rx King Agar Tidak Boros Bahan Bakar"