Blogger Jateng

Cara Setting Karbu Knalpot Racing


Knalpot Racing CLD RoadRace Beat Karbu Spek Full CVT YouTube
Knalpot Racing CLD RoadRace Beat Karbu Spek Full CVT YouTube from www.youtube.com

Pengenalan

Karbu atau carburetor merupakan salah satu komponen penting pada mesin mobil atau motor. Karbu berfungsi untuk mencampurkan bahan bakar dan udara untuk kemudian dihasilkan pembakaran pada mesin. Dalam dunia otomotif, karbu knalpot racing sering digunakan untuk meningkatkan performa mesin.

Kenapa Harus Setting Karbu Knalpot Racing?

Karbu knalpot racing memiliki kelebihan yaitu dapat meningkatkan performa mesin hingga 10% dan menghasilkan suara knalpot yang lebih bising. Namun, agar karbu knalpot racing dapat bekerja optimal, perlu dilakukan setting yang benar.

Cara Setting Karbu Knalpot Racing

1. Bersihkan Karbu

Sebelum melakukan setting, pastikan karbu knalpot racing dalam kondisi bersih. Bersihkan karbu dari kotoran atau sisa-sisa bahan bakar dengan menggunakan cairan pembersih karbu.

2. Atur Sudut Elevasi Karbu

Atur sudut elevasi karbu pada posisi 15 derajat. Sudut ini dapat memberikan efek terhadap pembakaran bahan bakar dan udara di dalam mesin.

3. Atur Idle Speed Screw

Idle Speed Screw berfungsi untuk mengatur putaran mesin pada saat idle alias diam. Putaran mesin yang terlalu rendah dapat menyebabkan mesin mati dan terlalu tinggi dapat membuat mesin panas. Atur putaran mesin pada 1000-1500 RPM.

4. Atur Air Screw

Air Screw berfungsi untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke karbu. Hal ini mempengaruhi campuran bahan bakar dan udara di dalam karbu. Atur Air Screw pada posisi terbuka 1 putaran.

5. Atur Main Jet

Main Jet berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke karbu. Pada karbu knalpot racing, Main Jet biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada karbu standar. Atur Main Jet sesuai dengan kebutuhan mesin.

6. Uji Coba

Setelah melakukan setting, lakukan uji coba dengan menghidupkan mesin. Pastikan mesin dapat berjalan dengan stabil dan suara knalpot terdengar bising namun tidak berlebihan. Jika masih ada masalah, lakukan penyesuaian pada setting yang telah dilakukan.

Kesimpulan

Setting karbu knalpot racing bukanlah hal yang sulit dilakukan, namun membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Dengan melakukan setting yang benar, performa mesin dapat meningkat dan menghasilkan suara knalpot yang lebih bising. Namun, pastikan karbu knalpot racing digunakan dengan bijak dan tidak melanggar aturan lalu lintas.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Karbu Knalpot Racing"