Blogger Jateng

Cara Setting Karbu Shogun 110: Tips Dan Tutorial


Adjusting Gshock / GSHOCK CARA SETTING GA110 indonesian Sub
Adjusting Gshock / GSHOCK CARA SETTING GA110 indonesian Sub from www.youtube.com

Pengenalan Karburator Shogun 110

Karburator Shogun 110 adalah salah satu jenis karburator yang sering dipakai pada sepeda motor jenis bebek. Karburator ini memiliki beberapa komponen penting yang harus diketahui sebelum melakukan setting. Beberapa komponen tersebut antara lain: main jet, pilot jet, needle jet, dan float level.

Langkah 1: Membersihkan Karburator

Sebelum melakukan setting karburator, pastikan karburator dalam kondisi bersih. Bersihkan karburator dengan menggunakan cairan pembersih karburator dan sikat gigi. Pastikan tidak ada kotoran atau sisa bensin yang menempel pada karburator.

Langkah 2: Mengecek Float Level

Setelah membersihkan karburator, langkah selanjutnya adalah memeriksa float level. Float level harus diatur agar bensin yang masuk ke karburator tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Pengaturan float level dapat dilakukan dengan memutar baut pada float chamber.

Langkah 3: Menyetel Pilot Jet

Setelah mengatur float level, selanjutnya adalah menyetel pilot jet. Pilot jet berfungsi untuk menyuplai bensin ke mesin pada putaran rendah. Pilot jet yang terlalu kecil akan membuat mesin sulit dihidupkan pada kondisi dingin, sedangkan pilot jet yang terlalu besar akan membuat mesin mati saat menginjak gas.

Langkah 4: Menyetel Main Jet

Setelah pilot jet disetel, selanjutnya adalah menyetel main jet. Main jet berfungsi untuk menyuplai bensin ke mesin pada putaran tinggi. Main jet yang terlalu kecil akan membuat mesin kurang bertenaga, sedangkan main jet yang terlalu besar akan membuat mesin boros bensin.

Langkah 5: Menyetel Needle Jet

Setelah pilot jet dan main jet disetel, selanjutnya adalah menyetel needle jet. Needle jet berfungsi untuk mengatur campuran udara dan bensin di dalam karburator. Needle jet yang terlalu kecil akan membuat mesin kurang bertenaga, sedangkan needle jet yang terlalu besar akan membuat mesin boros bensin.

Langkah 6: Menguji Karburator

Setelah melakukan setting, langkah selanjutnya adalah menguji karburator. Uji karburator dengan menghidupkan mesin dan memeriksa respons gas pada putaran rendah dan tinggi. Pastikan mesin berjalan dengan baik dan tidak ada kendala saat menginjak gas.

Kesimpulan

Itulah cara setting karbu Shogun 110 yang dapat Anda coba di rumah. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar dan hati-hati saat melakukan setting. Dengan melakukan setting yang tepat, performa mesin sepeda motor Anda akan meningkat dan lebih irit bensin. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Cara Setting Karbu Shogun 110: Tips Dan Tutorial"