Blogger Jateng

Cara Menyetel Karbu Jadi Brebet


Cara Menyetel Karburator Satria Fu BRT Motor
Cara Menyetel Karburator Satria Fu BRT Motor from brtmotor.com

Pendahuluan

Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami masalah pada mesin motor yang tiba-tiba brebet saat dijalankan. Salah satu penyebabnya adalah karena karburator yang tidak terseting dengan benar. Karburator adalah salah satu komponen penting pada mesin motor yang berfungsi untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin. Jadi, jika karbu tidak terseting dengan benar, maka campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin juga tidak tepat, sehingga mesin akan brebet.

Langkah Pertama: Cek Karbu

Sebelum kita memulai proses setting karbu, ada baiknya kita melakukan cek terlebih dahulu pada karbu. Pastikan karbu dalam kondisi bersih dan tidak ada kotoran atau sisa bahan bakar yang tersumbat di dalamnya. Bersihkan karbu dengan menggunakan cairan pembersih karbu dan sikat kecil.

Langkah Kedua: Cek Busi

Selain karbu, busi juga merupakan salah satu komponen penting yang harus dicek. Pastikan busi dalam kondisi baik dan tidak rusak. Jika busi dalam kondisi baik, maka proses pembakaran bahan bakar akan berjalan dengan baik dan mesin tidak akan mudah brebet.

Langkah Ketiga: Setting Karbu

Setelah karbu dan busi sudah dicek dan dalam kondisi baik, langkah selanjutnya adalah setting karbu. Untuk melakukan setting karbu, kita perlu membuka tutup karbu terlebih dahulu. Setelah itu, putar baut pengatur udara pada karbu searah jarum jam sampai batas akhir, lalu putar kembali sebanyak 1,5 putaran.

Langkah Keempat: Setting Idle

Setelah pengaturan udara selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan setting idle. Idle merupakan putaran mesin yang berjalan saat mesin dalam keadaan diam. Untuk melakukan setting idle, putar baut pengatur idle pada karbu ke arah kanan atau kiri sampai putaran mesin stabil pada saat mesin dalam keadaan diam.

Langkah Kelima: Setting Gas

Setelah setting idle, langkah terakhir adalah melakukan setting gas. Setting gas dilakukan dengan cara mempercepat mesin hingga putaran maksimum, lalu putar baut pengatur gas pada karbu ke arah kanan atau kiri sampai putaran mesin stabil pada putaran maksimum.

Kesimpulan

Itulah cara menyetel karbu agar tidak brebet. Proses setting karbu sebenarnya tidak sulit, hanya membutuhkan sedikit ketelitian dan kesabaran. Jika karbu sudah terseting dengan baik, maka mesin motor akan lebih mudah dijalankan dan tidak mudah brebet. Namun, jika Anda masih kesulitan dalam melakukan setting karbu, sebaiknya minta bantuan dari mekanik yang lebih berpengalaman.

Posting Komentar untuk "Cara Menyetel Karbu Jadi Brebet"